""WONG ELEK BLAJAR NGEBLOG"" saling ""BERBAGI ILMU"" adalah ""MOTTO"" dibuatnya blog ini berbuat untuk sesama, kita bagikan apa yang kita telah dapatkan, toh tidak akan mengurangi apa yang kita punya. demi membantu program pemerintah. dalam rangka mencerdaskan anak anak bangsa .semoga ada yang bisa di ambil manfaatnya dari isi artikel blog ini Selamat datang di website saya. Sumber dari website ini saya dapatkan dari beberapa buku dan website lain. Jadi, maaf bila terjadi repost wong elek: Bagian 6: Daftar Istilah Windows XP
 

wong elek

blajar ngeblog

 

terima kasih dah ngisi
Blognya wong elek
2012 kiamat
Alamate komputermu
ip-location
Dari mana pengunjung blog ini
Bagian 6: Daftar Istilah Windows XP
Sabtu, 04 April 2009
A
adapter jaringan Perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan. Perangkat ini seringkali dinamakan kartu adapter atau kartu antarmuka jaringan.

adapter video Papan ekspansi yang ditancapkan ke komputer sehingga komputer dapat menampilkan data. Kemampuan tampilan komputer bergantung pada adapter video dan monitor.

administrator Pengguna yang mengelola komputer. Administrator komputer dapat melakukan perubahan lingkup sistem pada komputer, termasuk menginstal program dan mengakses semua berkas pada komputer, dan dapat membuat, mengubah dan menghapus akun pengguna lain. Penting agar akun pengguna pertama ditetapkan sebagai administrator.

akhiran nama berkas Nama berkas Windows selalu memiliki akhiran berkas tiga huruf. Akhiran terletak setelah titik pada nama berkas dan menunjukkan jenis informasi yang tersimpan pada berkas. Misalnya, pada nama berkas Contoh.txt, akhiran nama berkasnya adalah .txt. Akhiran ini menunjukkan bahwa berkas ini adalah berkas teks. Anda tidak perlu mencantumkan akhiran ketika menyimpan berkas. Program otomatis akan menyisipkan akhiran ini.

aktif Menerangkan tentang jendela atau ikon yang saat ini sedang digunakan atau dipilih. Sistem operasi selalu menerapkan penekanan tombol atau perintah selanjutnya yang Anda pilih pada jendela aktif. Jendela atau ikon pada desktop yang tidak dipilih tidak aktif.

akun pengguna Suatu 'record' yang memuat semua informasi yang mendefinisikan pengguna untuk Windows. Ini mencakup nama pengguna dan sandi yang diperlukan pengguna untuk masuk ke komputer.

antarmuka pengguna grafis ('graphical user interface' / GUI) Lingkungan komputer visual yang mensimbolkan program, berkas, dan opsi dengan gambar kecil pada layar komputer. Unsurnya meliputi ikon, menu, dan kotak dialog. Pengguna dapat memilih dan mengaktifkan opsi ini dengan menunjuk dan mengklik dengan tetikus atau dengan papan ketik. Sebagian besar unsur navigasi (seperti batang penggulung) bekerja dalam cara yang sama di dalam semua program.

antrian Daftar program atau tugas yang sedang mengantri untuk melakukan aksi yang diminta oleh pengguna. Untuk pencetakan, antrian mengacu kepada sekelompok dokumen yang sedang menunggu untuk dicetak. Lihat juga pencetak

area notifikasi Area pada bilah tugas di sebelah kanan tombol bilah tugas. Area notifikasi menampilkan waktu dan juga dapat memuat pintasan yang menyediakan akses cepat ke program, seperti Kontrol Volume dan Opsi Daya. Pintasan lainnya dapat tampil untuk sementara waktu, menyediakan informasi tentang status aktivitas. Sebagai contoh, ikon pintasan pencetak tampil setelah dokumen dikirim ke pencetak dan lenyap ketika pencetakan selesai.

B
bagi-pakai Membuat map, pencetak, dan sumberdaya lainnya tersedia untuk orang lain. Lihat juga sumberdaya

bahasa masukan Spesifikasi bahasa yang digunakan untuk mengetik. Beberapa program yang dirancang untuk Windows dapat mengenali setelan ini. Bila Anda menambah bahasa masukan baru, maka tata letak papan ketik untuk bahasa tersebut juga ditambahkan.

bahasa papan ketik Bahasa yang ingin digunakan ketika mengetik. Beberapa program yang dirancang untuk Windows dapat mengenali setelan ini. Ketika Anda menambahkan bahasa papan ketik baru, maka tata letak papan ketik untuk bahasa tersebut juga ditambahkan.

bantalan tetikus Permukaan dimana tetikus digerakkan di atasnya, biasanya berupa bantalan karet persegipanjang yang ditutupi dengan kain, agar diperoleh daya lekat yang lebih kuat dibanding meja kayu atau kaca atau permukaan meja.

baris judul Baris horisontal pada bagian atas jendela yang memuat nama jendela. Pada sebagian besar jendela, baris judul juga memuat ikon program, serta tombol Maksimal, Minimal, dan Tutup. Lihat jugamaksimal; minimal

berkas Berkas adalah unit dasar penyimpanan yang memungkinkan komputer membedakan satu set informasi dengan set lainnya. Serupa dengan dokumen kertas yang dapat menampung teks dan gambar, berkas adalah kumpulan data yang dapat dipanggil, diubah, dihapus, disimpan, atau dikirim ke perangkat keluaran seperti pencetak atau program pos-el oleh pengguna. Berkas dapat memuat program, data yang digunakan program, atau dokumen yang dibuat pengguna.

berkas suara Berkas suara memuat informasi yang digunakan Windows untuk memainkan suara pada komputer. Berkas suara Windows memiliki akhiran nama berkas .wav.

bilah alat Baris, kolom, atau blok tombol atau ikon pada layar dalam suatu program perangkat lunak. Bila diklik, maka tombol atau ikon ini akan mengaktifkan fungsi atau tugas program tertentu. Misalnya, bilah alat dalam Microsoft Word memuat tombol untuk melakukan aksi seperti mengubah teks menjadi kursif atau tebal dan untuk menyimpan atau membuka suatu dokumen. Pengguna biasanya dapat melakukan penyesuaian pada bilah alat dan memindahkannya di seputar layar.

bilah tugas Panel yang memuat tombol Mulai dan secara asalinya tampil pada bagian bawah desktop. Anda dapat mengklik tombol bilah tugas untuk berpindah antar program. Anda juga dapat menyembunyikan bilah tugas, memindahkannya ke bagian sisi atau atas desktop, dan melakukan penyesuaian padanya dalam cara lain. Lihat juga desktop; tombol bilah tugas; area notifikasi

D
desktop Daerah kerja pada layar yang menggunakan ikon dan menu untuk mensimulasikan permukaan meja. Maksudnya agar komputer lebih mudah digunakan dimana pengguna dapat memindahkan gambar obyek serta memulai dan menghentikan tugas dalam cara yang hampir sama seperti ketika bekerja pada meja fisik. Lihat juga antarmuka pengguna grafik

diska Perangkat penyimpan yang terpasang pada komputer. Contohnya meliputi disket (bisa lepas) atau diska keras (terpasang tetap di dalam komputer).

diska keras Perangkat (juga dinamakan kandar diska keras) yang merekam dan menyimpan data. Diska keras biasanya terletak di dalam komputer.

diska sistem Diska yang memuat berkas sistem MS-DOS yang diperlukan untuk menjalankan MS-DOS. Lihat juga MS-DOS (Sistem Operasi Diska Microsoft)

disket Media penyimpan data kaku berukuran 3,5 inci yang dapat dipakai ulang. Disket yang kini digunakan dapat menampung data sebesar 1,44 MB. Dinamakan disket 'floppy' karena ragam pertamanya dikemas ke dalam selubung yang dapat ditekuk.

Dokumenku Map yang digunakan untuk menyimpan dokumen, grafik, atau berkas lain yang ingin dapat diakses secara cepat. Ketika Anda menyimpan berkas dalam program seperti WordPad atau Paint, maka berkas tersebut otomatis disimpan dalam map Dokumenku, kecuali Anda memilih map lain.

dokumen sumber Dokumen dimana obyek terhubung atau tertanam mula-mula dibuat. Lihat juga obyek tertanam; obyek terhubung

download Mentransfer salinan berkas dari Internet ke komputer dengan menggunakan modem atau jaringan.

F
'firewall' 'Firewall' adalah sistem keamanan yang bertindak sebagai perbatasan pelindung antara jaringan dengan dunia luar. Windows XP menyertakan 'Internet Connection Firewall' yang seharusnya digunakan jika komputer Anda terhubung langsung ke Internet.

font Satu set karakter tipografis yang menampilkan huruf, angka, dan simbol. Lihat juga 'typeface'

fragmentasi Bagian suatu berkas yang tersebar pada daerah diska keras yang berbeda. Fragmentasi terjadi ketika berkas dihapus dan berkas baru ditambahkan. Fragmentasi akhirnya akan memperlambat akses diska dan menurunkan kinerja operasi diska secara keseluruhan. Alat bantu Pendefragmentasi Diska dirancang untuk mengatasi masalah ini.

G
gigabyte (GB) Ukuran data, sama dengan 1.024 megabyte. Lihat juga kilobyte (KB); megabyte (MB)

H
hapus instalasi Tindakan menghapus berkas dan map program dari diska keras dan menghapus data yang terkait dari komputer agar perangkat lunak tidak tersedia lagi.

hibernasi Status dimana komputer menghentikan operasinya setelah menyimpan segala yang ada di memori ke diska keras. Ketika Anda mengakhiri keadaan hibernasi komputer, maka semua program dan dokumen yang terbuka dipulihkan kembali ke desktop. Lihat juga siaga

'hyperlink' Teks berwarna dan bergaris bawah atau grafik yang dapat diklik untuk menuju ke suatu berkas, lokasi di dalam berkas, atau halaman HTML pada World Wide Web.

I
ijin Kaidah yang mengatur pengguna mana yang dapat memperoleh akses ke obyek dan dalam cara apa. Ijin dapat diberikan atau ditolak oleh pemilik obyek.

ijin pencetak Ijin yang menentukan jenis akses yang dimiliki oleh pengguna atau grup ke suatu pencetak. Ijin pencetak meliputi Cetak, Mengelola Pencetak, dan Mengelola Dokumen.

ikon Gambar kecil yang ditampilkan pada layar untuk mewakili suatu obyek yang dapat dimanipulasi oleh pengguna. Ikon memungkinkan kontrol terhadap banyak aksi komputer tanpa perlu mengingat perintah atau mengetiknya pada papan ketik.

isi aktif Informasi yang dapat memperbarui data yang ditampilkannya, seperti informasi harga saham, peta cuaca, atau berita. Isi aktif biasanya diperbarui dari World Wide Web atau suatu kanal.

instal Menambahkan berkas dan map program ke komputer untuk pertama kalinya. Menginstal berbeda dengan memperbarui program, yang memperbarui berkas program yang ada, dan map ke versi terkini.

Internet Jaringan peladen komputer lingkup dunia. Jika Anda memiliki akses ke Internet, Anda dapat memanggil informasi dari berjuta-juta sumber, termasuk sekolah, pemerintah, bisnis, dan perorangan. Lihat juga World Wide Web

intranet Jaringan privat di dalam suatu organisasi yang menggunakan teknologi dan protokol Internet, tetapi hanya tersedia bagi orang-orang tertentu, seperti karyawan perusahaan.

J
jaringan Sekelompok komputer (dan perangkat lainnya, seperti pencetak dan pemindai) yang terhubung melalui sambungan komunikasi, sehingga semua perangkat dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Jaringan dapat kecil atau besar, terhubung secara permanen melalui kabel, atau terhubung sementara melalui jalur telepon atau transmisi nirkabel. Jaringan terbesar adalah Internet, yang merupakan kelompok jaringan lingkup dunia. Lihat juga adapter jaringan

jaringan area lokal ('local area network' / LAN) Jaringan komunikasi yang menghubungkan sekelompok komputer, pencetak, dan perangkat lain yang terletak di daerah yang relatif terbatas (misalnya, gedung). LAN memungkinkan perangkat yang terhubung untuk saling berinteraksi dengan perangkat lain pada jaringan tersebut.

jendela Bagian layar dimana program dan proses dapat dijalankan. Anda dapat membuka beberapa jendela pada saat yang sama. Misalnya, Anda dapat membuka pos-el dalam satu jendela, mengerjakan anggaran dalam suatu lembar kerja dalam jendela lain, dan mencari informasi pada Web dalam jendela lain. Jendela dapat ditutup, diubah ukurannya, dipindahkan, diminimalkan menjadi suatu tombol pada bilah tugas, atau dimaksimalkan hingga memenuhi seluruh layar.

jendela baris isian perintah Jendela yang ditampilkan pada desktop yang digunakan untuk berantarmuka dengan sistem operasi MS-DOS. Perintah MS-DOS diketik pada titik entri yang diidentifikasi dengan kursor yang berkedip. Lihat juga MS-DOS (Sistem Operasi Diska Microsoft)

Jendela pencetak Jendela Pencetak memperlihatkan informasi tentang antrian tugas pencetakan. Untuk setiap pencetak yang terinstal atau yang terhubung, Anda dapat memperhatikan informasi ini untuk mengetahui bagaimana dokumen antri untuk dicetak, siapa yang memilikinya, dan berapa ukuran dokumen tersebut.

K
kandar, huruf kandar Tempat penyimpan yang diformat dengan suatu sistem berkas dan memiliki huruf kandar. Tempat penyimpan ini dapat berupa disket, CD, diska keras, atau jenis diska lainnya. Kandar dinamai dengan huruf, dimulai dengan A, diikuti dengan tanda titik dua. Anda dapat melihat isi suatu kandar dengan mengklik ikonnya di dalam Penjelajah Windows atau Komputerku. Lihat juga sistem berkas

Kartu suara Papan aksesori untuk komputer yang memungkinkan perekaman dan pemutaran ulang suara.

kilobyte (KB) Ukuran data, sama dengan 1.024 byte. Lihat juga gigabyte (GB); megabyte (MB)

klien Komputer yang menggunakan sumberdaya jaringan dibagi-pakai yang disediakan oleh komputer lain (dinamakan peladen). Lihat juga peladen

klik Meletakkan tetikus di atas suatu obyek, lalu menekan dan melepas tombol tetikus utama (kiri).

klik ganda Menekan dan melepas tombol tetikus dua kali tanpa menggerakkan tetikus. Mengklik ganda merupakan cara cepat untuk memilih dan mengaktifkan suatu program atau fitur program. Lihat juga klik, seret

klik kanan Meletakkan tetikus di atas suatu obyek, lalu menekan dan melepas tombol tetikus sekunder (kanan). Mengklik kanan membuka pintasan yang memuat daftar perintah, yang berubah bergantung pada dimana Anda mengklik.

koneksi banda lebar Koneksi Internet berkecepatan tinggi seperti DSL dan layanan modem kabel.

koneksi putar-nomor Koneksi ke jaringan dengan menggunakan perangkat yang memanfaatkan jaringan telepon.

kotak cek Kotak cek digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan satu atau beberapa fitur atau opsi dari suatu set. Ketika opsi dipilih, maka tanda x atau tanda cek akan tampil di dalam kotak cek.

kotak dialog Jendela khusus yang ditampilkan oleh program yang memuat tombol dan berbagai opsi bagi pengguna untuk melakukan perintah dan tugas.

kotak teks Kotak persegipanjang pada layar dimana di dalamnya Anda mengetik informasi untuk melakukan suatu perintah.

L
latar belakang Gambar yang ditampilkan pada desktop Windows. Anda dapat memilih pola atau gambar yang dapat disimpan sebagai berkas bitmap (.bmp) dan menampilkannya sebagai latar belakang layar.

M
maksimal Memperbesar jendela ke ukuran terbesarnya dengan mengklik tombol Maksimal (pada sisi kanan baris judul. Lihat juga minimal; baris judul

map Kontainer untuk program dan berkas yang disimbolkan pada layar dengan suatu ikon (gambar kecil) map berkas. Map dapat menampung berkas dan map lain. Map adalah cara terbaik untuk mengelola program dan dokumen pada diska.

media Obyek tetap atau bergerak yang berfungsi menyimpan data komputer. Contohnya meliputi diska keras, disket, pita rekaman, dan diska kompak.

megabyte (MB) Ukuran data, sama dengan 1.048.576 byte. Lihat juga gigabyte (GB); kilobyte (KB)

menghilangkan Mematikan suatu opsi dengan menghilangkan tanda X atau tanda cek pada suatu kotak cek. Anda menghapus tanda pada kotak cek dengan mengkliknya, atau dengan memilihnya lalu menekan tombol SPASI.

menu Daftar opsi yang dapat dipilih oleh pengguna untuk melakukan aksi yang diinginkan, seperti memilih perintah atau menerapkan format tertentu pada bagian dokumen.

menu turun-bawah Menu yang terbuka ke bawah ketika pengguna mengkliknya dan tetap terbuka tanpa aksi lebih lanjut sebelum pengguna kembali mengklik tetikus atau memilih salah satu unsur menu.

minimal Memperkecil jendela hingga menjadi sebuah tombol pada bilah tugas dengan mengklik tombol Minimal (pada kanan baris judul. Lihat juga maksimal; baris judul

modem Perangkat yang memungkinkan informasi komputer dikirim dan diterima melalui jalur telepon.

MS-DOS (Sistem Operasi Diska Microsoft) Sistem operasi yang digunakan pada semua komputer personal (PC) dan komputer yang kompatibel dengannya. MS-DOS menerjemahkan masukan papan ketik dari pengguna menjadi operasi yang dapat dilakukan komputer. MS-DOS dapat mudah diakses dengan menggunakan baris isian perintah, sedangkan program berbasis MS-DOS dapat diakses melalui pemakaian pintasan pada desktop. Lihat juga jendela baris isian perintah; program berbasis MS-DOS

N
nama pengguna Nama unik yang mengidentifikasi suatu akun pengguna untuk Windows. Nama pengguna suatu akun harus unik di antara nama grup dan nama pengguna lainnya di dalam domain atau grup kerjanya sendiri.

O
obyek Suatu entitas, seperti berkas, map, map dibagi-pakai, atau pencetak, yang diterangkan dengan atribut tertentu. Misalnya, atribut suatu obyek Berkas meliputi nama, lokasi, dan ukurannya. Lihat juga ijin pencetak

obyek terhubung Obyek yang disisipkan ke dalam suatu dokumen tetapi masih ada pada berkas sumber orijinal. Ketika informasi terhubung, maka dokumen baru akan otomatis diperbarui jika informasi di dalam dokumen orijinal berubah. Untuk mengedit informasi terhubung, klik ganda obyek tersebut. Bilah alat dan menu dari program orijinal akan tampil. Jika dokumen orijinal ada pada komputer Anda, maka perubahan yang Anda lakukan pada informasi terhubung juga akan terlihat pada dokumen orijinal. Lihat juga dokumen sumber

obyek tertanam Informasi yang dibuat dalam program lainnya yang telah ditempelkan ke dalam dokumen. Ketika informasi ditanamkan, Anda dapat mengedit informasi ini di dalam dokumen baru dengan menggunakan bilah alat dan menu dari program semula yang membuatnya. Untuk mengedit informasi tertanam, klik ganda informasi tersebut, maka bilah alat dan menu dari program yang digunakan untuk membuat informasi tersebut akan tampil. Informasi tertanam tidak terhubung langsung ke sumber aslinya. Jika Anda mengubah informasi pada salah satu tempat, maka informasi pada tempat lainnya tidak akan diperbarui.

P
panel menu Panel persegipanjang yang ditampilkan pada bagian atas jendela program yang menampilkan menu untuk aksi pengguna. Nama menu yang tersedia ditampilkan pada panel menu; memilih salah satu di antaranya dengan papan ketik atau tetikus menyebabkan daftar opsi yang ada pada menu tersebut ditampilkan.

papan induk ('motherboard') Papan sirkuit utama suatu komputer. Papan induk memuat konektor untuk memasang papan tambahan.

peladen Secara umum, komputer yang menyediakan data dibagi-pakai seperti berkas, map, data komputer, dan layanan pos-el kepada para pengguna jaringan. Lihat juga klien

pencetak Perangkat yang menempatkan teks atau gambar pada kertas (atau media cetak lainnya).

Pencetak dan Faks Map di dalam Panel Kontrol yang memuat Wisaya Tambah Pencetak untuk semua pencetak yang terinstal pada komputer.

pengandar pencetak Program yang dirancang untuk memungkinkan program lain dapat memanfaatkan pencetak tertentu tanpa perlu menangani hal-hal spesifik tentang perangkat keras dan bahasa internal pencetak. Dengan menggunakan pengandar pencetak yang menangani kepelikan masing-masing pencetak, program dapat berkomunikasi sebagaimana mestinya dengan berbagai pencetak. Lihat juga pengandar perangkat

pengandar perangkat Suatu program perangkat lunak yang memungkinkan perangkat tertentu (seperti modem, adapter jaringan, atau pencetak) untuk berkomunikasi dengan sistem operasi. Meskipun perangkat telah terpasang pada sistem, Windows tidak dapat menggunakan perangkat tersebut sebelum Anda menginstal dan mengkonfigurasi pengandar yang tepat. Pengandar perangkat akan dipanggil otomatis dan berjalan secara tidak kasat mata ketika komputer dijalankan.

Pengelola Tugas Utilitas yang menyediakan informasi tentang program dan proses yang berjalan pada komputer. Dengan menggunakan Pengelola Tugas, Anda dapat mengakhiri atau menjalankan program dan mengakhiri proses, serta menampilkan gambaran dinamis tentang kinerja komputer.

pengguna Orang yang menggunakan komputer.

penjelajah Perangkat lunak yang memformat dan menampilkan berkas HTML sebagai halaman Web. Beberapa penjelajah juga memperkenankan Anda mengirim dan menerima pos-el, membaca grup berita, serta memainkan berkas suara atau video yang tertanam di dalam dokumen Web. Internet Explorer merupakan salah satu penjelajah Web. Lihat juga World Wide Web

penunjuk tetikus Elemen pada layar yang lokasinya berubah ketika pengguna menggerakkan tetikus. Bergantung pada lokasi penunjuk tetikus dan operasi program yang menggunakannya, daerah layar dimana penunjuk tetikus tampil berfungsi sebagai target untuk suatu aksi ketika pengguna menekan salah satu tombol tetikus.

Penyedia Layanan Internet (PLI) Perusahaan yang menyediakan akses ke Internet dan World Wide Web. PLI menyediakan informasi tentang nomor telepon, nama pengguna, sandi, dan informasi koneksi lainnya agar pengguna dapat menghubungkan komputernya ke komputer PLI. PLI biasanya mengenakan biaya koneksi bulanan atau per jam. Lihat juga Peladen Web

perangkat Bagian peralatan yang dapat dihubungkan ke jaringan atau komputer, seperti komputer, pencetak, tongkat main, adapter, kartu modem, atau perangkat pendukung lainnya. Perangkat biasanya memerlukan pengandar perangkat agar dapat berfungsi pada Windows. Lihat juga pengandar perangkat; perangkat pendukung

perangkat keras Komponen fisik suatu sistem komputer. Peralatan seperti pencetak, modem, dan perangkat tetikus juga digolongkan sebagai perangkat keras.

perangkat pendukung Perangkat, seperti kandar diska, pencetak, modem, atau tongkat main, yang terhubung ke komputer dan dikendalikan oleh mikroprosesor komputer. Lihat juga perangkat

perintah Instruksi bagi program komputer yang, bila diberikan oleh pengguna, menyebabkan suatu aksi dilakukan. Perintah biasanya diketik pada papan ketik atau dipilih dari suatu menu.

piksel Piksel adalah elemen terkecil yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak dan tampilan atau perangkat keras pencetakan untuk membuat huruf, angka, atau grafik. Singkatan dari 'picture element' (elemen gambar), piksel adalah satu titik berbentuk kisi persegipanjang dari beribu-ribu titik yang membentuk gambar yang dihasilkan pada layar oleh komputer atau pada kertas oleh pencetak. Lihat juga resolusi layar

pilih Menentukan blok teks atau data pada layar dengan menyorotnya. Maksudnya untuk melakukan aksi tertentu atau menerapkan sesuatu terhadap materi yang disorot. Untuk menyorot, letakkan kursor pada bagian depan teks atau data, seret tetikus melewati materi tersebut, lalu lepaskan tombol tetikus.

pintasan Hubungan ke unsur yang dapat diakses pada komputer Anda atau jaringan, seperti program, berkas, map, kandar diska, halaman Web, pencetak, atau komputer lain. Anda dapat meletakkan pintasan pada berbagai area, seperti pada desktop, pada menu Mulai, atau dalam map tertentu. Lihat juga desktop

porta Koneksi (biasanya pada bagian belakang komputer) dimana Anda dapat menghubungkan kabel ke perangkat seperti pencetak, tetikus, papan ketik, monitor, atau jaringan. Untuk setiap porta biasanya diperlukan jenis colokan tertentu yang digunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya, porta data serial, papan ketik, dan porta jaringan berkecepatan tinggi semuanya menggunakan konektor yang berbeda.

porta paralel Konektor masukan/keluaran untuk perangkat antarmuka paralel. Pencetak biasanya terhubung ke porta paralel. Lihat juga porta serial

porta permainan Konektor pada komputer dimana Anda dapat menghubungkan tongkat main atau perangkat permainan lainnya ke komputer. Lihat juga porta serial

porta serial Konektor yang biasanya digunakan oleh pencetak dan terletak pada bagian belakang komputer.

potret Versi miniatur suatu gambar yang seringkali digunakan agar dapat menjelajahi banyak gambar secara cepat.

profil pengguna Berkas yang memuat informasi konfigurasi untuk pengguna tertentu, seperti setelan desktop dan setelan aplikasi. Preferensi masing-masing pengguna disimpan pada profil pengguna yang digunakan Windows untuk mengkonfigurasi desktop setiap kali pengguna masuk ke komputer.

program Program memungkinkan Anda melakukan tugas seperti pengolah kata, akunting, atau manajemen data. Program juga dinamakan aplikasi.

Program berbasis MS-DOS Program yang dirancang berjalan pada MS-DOS dan karena itu mungkin tidak dapat memanfaatkan seluruh fitur Windows. Lihat juga MS-DOS (Sistem Operasi Diska Microsoft); berkas informasi program (PIF)

R
RAM ('random access memory') RAM digunakan oleh komputer untuk proses komputasi yang menjalankan program perangkat lunak. RAM juga menyimpan informasi sementara yang menampilkan data pada layar komputer. Meningkatkan jumlah RAM membuat daya komputasi komputer lebih kuat—komputer dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar. Semua informasi yang tersimpan dalam RAM hilang ketika komputer dimatikan.

resolusi layar Setelan yang menentukan jumlah informasi yang muncul pada layar, diukur dalam piksel. Resolusi rendah, seperti 640 x 480, membuat unsur pada layar tampak besar, meskipun daerah layar tampak kecil. Resolusi layar, seperti 1024 x 768, membuat daerah layar tampak lebih luas, meskipun masing-masing unsur terlihat kecil.

ROM (Read-Only Memory) Singkatan untuk 'Read-Only Memory' (Memori Baca-Saja), dimana kode atau data diinstal secara permanen pada saat proses produksi. ROM memuat instruksi atau data yang dapat dibaca, tetapi tidak dapat diubah.

S
sandi Langkah keamanan yang digunakan untuk membatasi akses ke sistem komputer atau akun pengguna. Sandi adalah untaian karakter yang harus disediakan sebelum akses diperoleh. Sandi dapat terdiri atas huruf, angka, dan simbol, dan peka huruf besar/kecil. Lihat juga akun pengguna

sandi pengguna Sandi yang tersimpan dalam akun masing-masing pengguna. Masing-masing pengguna biasanya memiliki sandi pengguna yang unik dan harus mengetik sandi tersebut ketika masuk ke komputer atau mengakses peladen. Lihat juga sandi; akun pengguna

seret Memindahkan unsur pada layar dengan memilih unsur tersebut, lalu tekan dan tahan tombol tetikus sambil menggerakkan tetikus. Misalnya, Anda dapat memindahkan jendela ke lokasi baru pada layar dengan menyeret baris judulnya.

seret-dan-jatuhkan Melakukan operasi dengan menyeret obyek pada layar dengan tetikus. Misalnya, untuk menghapus dokumen, pengguna dapat menyeret ikon dokumen melintasi layar dan menjatuhkannya ke Tampungan Daur Ulang. Dengan meletakkan dokumen di atas Tampungan Daur Ulang hingga Tampungan Daur Ulang tersorot, maka dokumen akan masuk ke dalam map Tampungan Daur Ulang ketika tombol tetikus dilepas. Lihat juga seret, antarmuka pengguna grafis

siaga Keadaan dimana komputer mengkonsumsi energi lebih sedikit ketika nganggur, tetapi tetap dapat dipakai segera. Ketika komputer sedang siaga, informasi yang ada pada memori komputer tidak disimpan ke diska keras. Jika terjadi gangguan daya, maka informasi di dalam memori ini hilang.

sumberdaya Biasanya, bagian dari suatu sistem komputer atau jaringan (seperti kandar diska, pencetak, atau memori) yang dapat digunakan oleh program atau proses yang sedang berjalan.

T
tab Bagian dari kotak dialog yang menyerupai buku catatan atau pembagi berkas dan menyediakan sarana bernavigasi antar berbagai bagian informasi yang berbeda di dalam kotak dialog.

Tampungan Daur Ulang Tampungan Daur Ulang terdapat pada desktop Windows. Anda dapat menyeret berkas ke Tampungan Daur Ulang untuk menghapusnya. Anda juga dapat membuka Tampungan Daur Ulang dan mengambil kembali berkas yang keliru terhapus. Untuk mengosongkan Tampungan Daur Ulang dan meningkatkan jumlah ruang diska yang tersedia, klik kanan ikonnya, lalu klik Kosongkan Tampungan Daur Ulang. Lihat juga klik kanan

tampungan pencetak Perangkat lunak yang menerima dokumen yang dikirim ke pencetak, lalu menyimpannya ke diska atau memori hingga pencetak siap mencetaknya.

tata letak papan ketik Pengaturan lokasi karakter dan simbol yang digunakan oleh suatu bahasa tertentu. Tata letak papan ketik menentukan karakter mana yang tampil ketika Anda mengetik tombol pada papan ketik. Tata letak untuk papan ketik akan berubah jika Anda memilih bahasa yang berbeda di dalam Setelan Regional dan Bahasa pada Panel Kontrol.

tetikus Perangkat penunjuk yang umum digunakan. Fitur dasar tetikus adalah selubung beralas datar yang dirancang agar dapat digenggam dengan satu tangan, satu atau beberapa tombol pada bagian atasnya, perangkat pendeteksi multi-arah (biasanya berupa bola) pada bagian bawahnya, dan kabel yang menghubungkan tetikus ke komputer. Dengan menggerakkan tetikus, maka pengguna dapat mengendalikan kursor pada layar. Untuk memilih unsur atau perintah pada layar, pengguna menekan salah satu tombol tetikus, yang dinamakan mengklik tetikus.

tipe berkas Penentu karakteristik suatu berkas. Tipe berkas menunjukkan program, seperti Microsoft Word, yang digunakan untuk membuka berkas. Tipe berkas terkait dengan akhiran nama berkas. Misalnya, berkas yang berakhiran .txt atau .log bertipe Dokumen Teks dan dapat dibuka dengan menggunakan editor teks.

titik sisip Tempat dimana teks akan disisipkan ketika diketik. Titip sisip biasanya tampil sebagai garis vertikal berkedip-kedip dalam jendela aplikasi atau dalam kotak dialog.

tombol utama tetikus Tombol yang paling sering digunakan untuk mengklik dan mengklik ganda. Tombol utama tetikus adalah tombol kiri pada sebagian besar tetikus dan perangkat bola trek, dan tombol yang terletak lebih rendah pada beberapa perangkat bola trek, tetapi Anda dapat menukar fungsi tombol dengan masuk ke map Tetikus dalam Panel Kontrol dan mengklik kotak cek yang tepat.

'typeface' Satu set karakter yang memiliki karakteristik sama, seperti lebar 'stroke' dan ada atau tidak adanya 'serif'. Lihat juga font

U
URL ('Uniform Resource Locator') Alamat yang secara unik mengidentifikasi suatu lokasi pada Internet. URL untuk situs World Wide Web didahului dengan http://, seperti pada URL fiktif berikut: http://www.contoh.microsoft.com/.

W
wisaya Alat bantu yang memandu pengguna melewati tahap-tahap suatu proses atau tugas dengan menanyakan serangkaian pertanyaan atau menyajikan opsi. Misalnya, wisaya dapat membantu Anda memulai dokumen pengolah kata, menginstal perangkat lunak, atau membuat berkas basis data untuk pertama kalinya.

World Wide Web Suatu sistem untuk menjelajahi Internet dengan menggunakan 'hyperlink'. Bila Anda menggunakan penjelajah Web, maka Web akan terlihat sebagai kumpulan teks, gambar, suara, dan film digital. Lihat juga Internet
posted by irham @ Sabtu, April 04, 2009  
1 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

widget
Tentang Saya

Name: irham
Home: sonam myon, kyongsang bug do, South Korea
About Me: Nama : Irham Tempat, tanggal lahir : Blitar, 12 Desember 1940 Agama : Islam Status : Masih Sendiri (di korea) Alamat Rumah : Bendil, Sanan Wetan, Kodya Blitar, Jawa timur, Indonesia
See my complete profile
Postingan Terdahulu
Arsip
Didukung Oleh
© 2005 wong elek