""WONG ELEK BLAJAR NGEBLOG"" saling ""BERBAGI ILMU"" adalah ""MOTTO"" dibuatnya blog ini berbuat untuk sesama, kita bagikan apa yang kita telah dapatkan, toh tidak akan mengurangi apa yang kita punya. demi membantu program pemerintah. dalam rangka mencerdaskan anak anak bangsa .semoga ada yang bisa di ambil manfaatnya dari isi artikel blog ini Selamat datang di website saya. Sumber dari website ini saya dapatkan dari beberapa buku dan website lain. Jadi, maaf bila terjadi repost wong elek: Belajar Tentang Desktop
 

wong elek

blajar ngeblog

 

terima kasih dah ngisi
Blognya wong elek
2012 kiamat
Alamate komputermu
ip-location
Dari mana pengunjung blog ini
Belajar Tentang Desktop
Sabtu, 04 April 2009
Selamat Datang di Windows XP dari Microsoft—versi baru Windows yang menjadikan komputer Anda menyenangkan dan mudah digunakan! Jika Anda masih awam dalam pemakaian komputer, maka bagian ini akan memperkenalkan apa yang Anda lihat dan apa yang dapat dilakukan dengan Windows XP. Mari mulai!

Menu Mulai
Menu Mulai tampil otomatis ketika Windows XP pertama kali dijalankan. Menu Mulai memuat segala yang diperlukan untuk mulai menggunakan Windows. Berikut adalah beberapa tugas yang dapat dilakukan dengan menggunakan menu Mulai:

Menjalankan program
Membuka berkas
Menghidupkan ulang komputer
Mematikan komputer
Beberapa perintah pada menu Mulai memiliki tanda panah yang mengarah ke kanan. Ini berarti tersedia pilihan tambahan pada menu sekunder. Letakkan penunjuk di atas salah satu unsur bertanda panah, maka menu lainnya akan ditampilkan.

Sisi kiri menu Mulai akan berubah dan menunjukkan link ke program yang paling sering digunakan.

Pada kiri atas menu Mulai termuat pintasan ke unsur-unsur yang akan selalu tampil pada menu Mulai, seperti Penjelajah Internet dan program pos-el.

Ketika Anda menambahkan program perangkat lunak pada Windows XP, maka pintasan menu akan diletakkan pada menu Mulai agar Anda dapat membukanya.

Untuk menghidupkan ulang komputer
Klik Mulai, lalu klik Matikan.
Dalam daftar turun-bawah Anda ingin komputer melakukan apa, klik Hidupkan ulang.
Untuk mematikan komputer
Klik Mulai, lalu klik Matikan.
Dalam daftar turun-bawah Anda ingin komputer melakukan apa, klik Matikan.
Aksi ini akan mematikan Windows agar Anda dapat mematikan aliran listrik komputer dengan aman.
Ketika Anda kembali menyalakan komputer, maka Windows akan otomatis dijalankan.


Pintasan Menu Mulai


Menu Mulai Bilah Tugas, dengan tombol mewakili jendela diminimalkan
Ikon

Area Notifikasi Bilah Tugas


Ikon
Gambar kecil yang Anda lihat pada desktop dinamakan ikon. Anggaplah masing-masing ikon sebagai pintu masuk menuju berkas dan program yang tersimpan pada komputer.

Mempelajari nama atau isi ikon
Letakkan penunjuk tetikus di atas suatu ikon. Teks lalu akan ditampilkan yang mengidentifikasi nama atau isinya. Untuk membuka berkas atau program, klik ganda ikon tersebut.

Membuka program
Ikon digunakan untuk membuka program, berkas, map, kandar diska, halaman Web, dan pencetak. Karena ikon mewakili pintasan ke berkas atau perangkat, Anda dapat menambahkan dan menghapus ikon tanpa mempengaruhi program atau berkas yang sesungguhnya.

Membuat ikon
Anda dapat membuat ikon pada desktop yang merupakan pintasan untuk membuka program yang sering digunakan.

Untuk membuat ikon, klik Mulai, klik Semua Program, cari program pada daftar, lalu klik ikonnya dan seret ke desktop. Dengan ini, maka akan dibuat pintasan ikon ke program Anda.
Pertama kalinya Anda menjalankan Windows XP, Anda hanya akan melihat satu ikon. Ikon ini adalah Tampungan Daur Ulang. Ini adalah tempat penampungan berkas yang ingin dihapus dari komputer.

Jendela
Segala yang dapat Anda lakukan pada komputer ditampilkan di dalam rangka yang dinamakan jendela. Bekerja dengan jendela adalah mudah bila Anda memahami konsep dasar cara kerjanya.

Mengubah bentuk jendela
Anda dapat mengubah ukuran jendela dengan meletakkan penunjuk tetikus pada tepi jendela hingga berubah menjadi panah ganda, lalu tekan dan tahan tombol tetikus dan seret tepi jendela hingga Anda memperoleh ukuran dan bentuk yang diinginkan.

Memindahkan jendela
Anda dapat memindahkan jendela dengan meletakkan penunjuk tetikus pada bagian atas jendela, tekan dan tahan tombol tetikus, lalu seret jendela ke lokasi dimana Anda ingin meletakkannya pada desktop.

Melihat jendela yang ada di belakang jendela lain
Bila ada beberapa jendela yang terbuka pada saat yang sama, Anda dapat mengubah urutan penampakannya. Jika Anda dapat melihat jendela yang ingin digunakan, klik jendela tersebut maka jendela itu akan pindah ke atas tumpukan jendela. Anda juga dapat mengklik tombol bilah tugas untuk membawa jendela ke depan.

Mengidentifikasi nama jendela
Ketika Anda membuka jendela, nama berkas dan nama program tampil pada bagian atas jendela di dalam baris judul.




Baris judul Menu


Tugas berkas dan map Tombol bilah tugas mewakili jendela terbuka
Meminimalkan, memaksimalkan, dan menutup tombol

Untuk mengubah ukuran jendela, seret jendela dengan penunjuk tetikus pada salah satu sudutnya.


Memahami tombol baris judul
Pada sudut kanan atas baris judul terdapat tiga tombol. Mengklik tombol ini akan melakukan aksi berikut ini secara cepat:

Meminimalkan jendela hingga menyusut menjadi suatu tombol pada bilah tugas dengan mengklik tanda kurang (-) pada sudut kanan atas baris judul.
Memaksimalkan jendela dengan mengklik simbol kotak terbuka pada sudut kanan atas baris judul.
Mengisi seluruh layar dengan jendela ini dengan mengklik tombol tengah hingga ikonnya menampilkan gambar dua kotak.
Memulihkan ukuran jendela dengan mengklik kembali tombol tengah. Jendela kembali ke ukurannya semula.
Menutup jendela dengan mengklik tombol merah bertanda X.
Di dalam jendela
Menu
Langsung di bawah bilah tugas pada bagian atas jendela terdapat menu. Jelajahilah menu untuk melihat berbagai perintah dan alat bantu yang dapat digunakan pada program Anda. Bila Anda menemukan perintah yang diinginkan, klik saja.

Kotak dialog
Jika suatu program perlu informasi dari Anda sebelum dapat menyelesaikan suatu perintah, maka kotak dialog akan ditampilkan. Anda dapat mengisi informasi dalam beberapa cara, tergantung bagaimana kotak dialog tersebut terbentuk. Pada beberapa kotak dialog, Anda mungkin perlu mengklik dan mengetik. Anda mungkin juga dapat menentukan pilihan dari suatu daftar. Anda mungkin juga hanya perlu memilih satu opsi atau menandai satu atau beberapa opsi yang diinginkan.

Batang Penggulung
Jika isi berkas tidak dapat tampak seluruhnya di dalam jendela, Anda dapat dengan mudah memindahkan bagian isi yang terlihat. Di sepanjang sisi jendela terdapat batang penggulung. Klik batang penggeser serta tahan tombol tetikus untuk menyeret batang penggeser dan memindahkan halaman yang tampil pada jendela.

Bilah tugas
Setiap kali suatu jendela dibuka, maka tombol yang mewakilinya akan tampil pada bilah tugas yang terletak pada bagian bawah layar komputer. Tombol ini lenyap ketika jendela tersebut ditutup.

Bilah tugas juga memuat tombol Mulai dan area notifikasi, dimana Anda akan melihat jam dan tombol lain yang tampil untuk menunjukkan status kegiatan yang sedang berlangsung. Sebagai contoh, tombol pencetak tampil ketika Anda mengirim berkas ke pencetak, lalu lenyap ketika pencetakan selesai.

Windows XP merapikan bilah tugas dengan mengelompokkan tombol ketika banyak jendela dibuka. Sebagai contoh, tombol yang mewakili masing-masing pos-el otomatis dikelompokkan di bawah satu tombol pos-el. Dengan mengklik tombol ini, Anda dapat memilih pos-el tertentu dari menu.

Kini setelah cukup mengenal desktop, Anda siap untuk melanjutkan!
posted by irham @ Sabtu, April 04, 2009  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

widget
Tentang Saya

Name: irham
Home: sonam myon, kyongsang bug do, South Korea
About Me: Nama : Irham Tempat, tanggal lahir : Blitar, 12 Desember 1940 Agama : Islam Status : Masih Sendiri (di korea) Alamat Rumah : Bendil, Sanan Wetan, Kodya Blitar, Jawa timur, Indonesia
See my complete profile
Postingan Terdahulu
Arsip
Didukung Oleh
© 2005 wong elek